WDM3 On FaceBook

WAYANG DAKWAH MULTIMEDIA MUHAMMADIYAH

Wayang merupakan salah satu seni budaya bangsa Indonesia yang menonjol di antara banyak karyaseni budaya lainnya. Keberadaan wayang sudah berabad-abad yang lalu sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. Wayang sebagai suatu pergelaran dan tontonan, kata `wayang' berasal dari kata `wewa¬yangan', yang artinya bayangan, yang menggunakan kelir, secarik kain, sebagai pembatas antara dalang yang memainkan wayang, dan penonton di balik kelir itu.

Penonton hanya menyaksikan gerakan-gerakan wayang melalui bayangan yang jatuh pada kelir. Pergelaran wayang hanya diiringi oleh seperangkat gamelan sederhana yang terdiri atas saron, todung (sejenis seruling), dan kemanak.

Masuknya agama Islam ke Indonesia sejak abad ke-15 juga memberi pengaruh besar pada budaya wayang, terutama pada konsep reliji dari falsafah wayang itu. Pada masa inilah wayang digunakan sebagai media dakwah yang ampuh. Dakwah bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT sesuai dengan garis aqidah, syari’at, dan akhlak Islam.

Tujuan utamanya ialah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridhai oleh Allah. Nabi Muhamad SAW mencontohkan dakwah kepada umatnya dengan berbagai cara melalui lisan, tulisan, dan perbuatan. Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan kemampuan masing-masing juru dakwah.

Memasuki zaman global seperti saat sekarang ini, perlu pola dakwah kreatif yang dapat diterima dengan baik oleh banyak kalangan. Pola dakwah dapat melalui buku, majalah, internet, koran, dan pementasan yang mengandung pesan dakwah. Dapat pula menggunakan media lain yang kreatif sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima.  Semakin baik media yang digunakan maka semakin banyak pula orang yang mampu memyerap pesan dakwah tersebut, salah satunya adalah menggunakanteknologi multimedia.

 Multimedia adalah penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif. Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya.

Wayang Dakwah Multimedia Muhammadiyah dikonsepbukan hanya karenakebetulansemata, melainkan atas proses kesadaran dan dikendaki secara sadar sebagai bagian dari proses kreatif dalam berkesenian. Ilmu yang amaliyah, amal yang ilmiah adalah salahsatu prinsip gerakan untuk menjadi pelangsung, pelopor dan penyempurna persyarikatan

Dari uraian diatas, Bidang Dakwah Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan trobosan dalam membuat Media Dakwah Kreatif untuk mementaskan pertunjukan dalam bentuk Wayang Dakwah Multimedia Muhammadiyah.

0 komentar: